Thursday, December 20, 2012

TIPS MENGERJAKAN ITP TOEFL

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan coba bagi tips, trik dan strategi belajar bahasa inggris dan mengerjakan soal ITP TOEFL. Nilai ITP TOEFL saya baru 583 sih, tapi bagi yang sekedar ingin tembus 550, insya Allah saya bisa sedikit bantu, so . . keep on reading. Cara-cara berikut adalah konsep/cara saya biasanya belajar bahasa inggris, jadi boleh setuju/tidak, boleh dipakai/tidak, dan saya tidak bertanggung jawab bagi yang gagal setelah menggunakan strategi saya, karena ini cuman bentuk sharing, hehe. Sedangkan strategi untuk mengerjakan ITP TOEFL saya buat/rancang setelah keluar dari ruangan tes dan masih di lokasi (mumpung kepala masih panas, hehe) yang rencana akan saya aplikasikan untuk tes-tes berikutnya.

*Intix, belajarlah bahasa seperti anak bayi baru lahir, dari model pasif baru aktif, dan lancar karena BIASA. 

>>>>>>> LET'S GET THE PARTY STARTED <<<<<<<<<

Listening, Reading dll. Semua dimulai dr GRAMMAR (1). Sempurnakan grammar kalian dulu, alasannya : 

1. Kalau grammar masih morat marit, mau reading apapun bakal ga nangkep2, apa lagi listening. Karena tanpa grammar, kita cenderung lompat-lompat atau cuma seperti membaca deretan kata saja. Dengan grammar, saat membaca, kita akan paham aturan/urutan kejadian dan maknanya karena kita akan lebih familiar dengan pola SPOK tiap kalimat.

2. Mau speaking tanpa fondasi grammar, bakal kesendat2 saat bicara, karena kita bakal bingung ngatur kalimat yang dituntut spontan, ya khan ? hehe

*Saya pernah Tanya langsung ke orang Amerika, apa anaknya yang usia 4 tahun sdh berbicara dengan grammar yg benar? Dia bilang iya. Dan kesimpulan saya, ini semua krn pembiasaan.

Setelah grammar memadai, perbanyaklah READING (2), supaya makin reflek dgn pola2 grammar yg benar, sekaligus untuk menambah Vocabulary kalian.

LISTENING (3), kunci sukses listening :

1. Biasakan diri dengan reading, jadi begitu dengar obrolan oral, GAK KAGET. Ini karena kita sudah biasa melihat pola grammar + vocab yg banyak. Yang sering terjadi, seolah2 kita banyak gak dengar apa yang dibicarakan, dan alasannya cuman 2 : gak kebayang bentuk kalimatnya (efek jarang baca) + Vocab yg lemah.

2. Baca komik2 bhs inggris, ini bahkan lbh mudah dr film, krn bentuk tulisan dari kalimat hari-hari sudah langsung terlihat, bs dipahami pelan2, ga cepat kaya film.

............Setelah bentuk tulisan mulai lancar, coba dengar langsung.......

3. Beli DVD film2, cari yg subtitlenya persis conversationnya (tes dulu di toko). Tonton berkali2 pakai subtitle bhs inggris. Kalau gak ngerti pause saja dulu, lalu artikan kata2 yg gak ngerti + pahami grammarnya, baru play lg dr awal.

4. Ini sifatnya optional, coba langganan TV kabel. Tonton smua film, berita, show, dll tanpa baca teks. Paksakan diri, lama2 pasti paham dengan sendirinya.

Terakhir, SPEAKING (5). Caranya cuman 1 : Berani coba + memaksakan diri untuk berani dan nekat. Cari teman2 bule yang ada di kota kalian. Saya yakin banyak kok organisasi yg mendatangkan orang-orang asing ke Indonesia, tinggal cari saja. Atau kalian bisa gabung Toastmasters Public Speaking Club (lebih jelas cari di google). Kuncinya lagi2 PEMBIASAAN.

Urusan WRITING (4) seperti yang ada di iBT, saya juga lagi belajar jadi saya belum berani memberi saran, haha. Itu pun juga sudah harus biasa READING + banyak latihan bikin essay, resume, laporan jurnalistik, dll.

*Berikut saya coba buat skema urutan yang benar untuk belajar bhs inggris menurut versi saya, hehe . .




 Keterangan :
  • Grammar, Reading, dan Listening adalah bentuk pasif yang kita jadikan langkah awal sebelum aktif berbahasa inggris.
  • Writing dan Speaking adalah bentuk aktif sebagai bentuk implementasi/aplikasi dari apa yang sudah kita pelajari sebelumnya secara pasif.
  • Reading akan membentuk reflek kita ketika akan mendengarkan listening passages, dan ketika akan menulis (Ingat, kita bisa menulis karena bisa membaca terlebih dahulu J)
OK . . GOOD LUCK GUYS, Semangat belajar bhs inggris timbul dr pertanyaan "Kenapa kamu butuh bhs Inggris ? mau kamu pake apa di masa depan ? apa keuntungan orang2 yg bisa bhs inggris sama yg enggak ?"

>>>>>>>>>>>>>SEKARANG SAATNYA BERANJAK KE ITP TOEFL<<<<<<<<<<<<<



STRATEGI ITP TOEFL

Listening Section :

1. Ketika Instruction di part A ini, kita diwajibkan menunggu dan tidak boleh read ahead, jelas-jelas ada tulisan “WAIT” di halaman pertama, selain itu kita juga sudah dilarang oleh penjaga ujian.

2. Kalau biasanya kita dengar trik untuk curi waktu dengan membaca options jawaban, untuk no. 1 ini harus kita korbankan dulu, hehe

3. Setelah menjawab question no. 1, barulah kita bisa cepat2 mulai intip options jawaban untuk soal/question no. 2 sblm speaking dimulai.

4. Begitu speaker ke-2 berhenti bicara, akan ada jeda/hening sesaat. Di sini kita manfaatkan waktu yang sangat singkat itu untuk sudah mulai membaca options jawaban sambil mendengarkan pertanyaannya. Setelah selesai question no. 2, kerjakan no. 3 dst. dengan trik yang sama.

5. SEMUA JAWABAN DITANDAI SAJA DULU ! Karena kita akan punya kesempatan untuk mengarsir ketika instruction part B dibacakan (daripada bengong juga khan). Usahakan kalau menandai langsung besar sekalian/setengah penuh, jadi kesempatan mengarsir berikutnya hanya untuk merapikan bulatan hitamnya (biasanya yang lama di bagian tepi2 lingkaran).

6. Untuk part B – C, tiap satu long talk/conversation punya 4-5 soal. Sebelum mulai speaking, sesegera mungkin skim semua options jawaban pada keempat/lima nomor yang ada. Petik 1-2 keyword yang kira-kira akan menjadi topic conversation/talk yg akan diperdengarkan. Lalu konsentrasilah 100% ketika speaking sudah dimulai.

7. Setelah selesai menjawab soal terakhir dari talk/conversation pertama. Langsung skim semua options jawaban untuk 4 atau 5 nomor berikutnya dari talk/conversation yang akan diperdengarkan.

8. Selesai Listening Section, masuk ke instruction Structure section, manfaatkan waktu instruction section 2 ini untuk merapikan arsiran part B/C listening yang baru kita tandai saja sebelumnya. JANGAN MENGARSIR TERLALU LAMA, atau kalian harus mengerjakan soal2 grammar lebih cepat dari biasanya.

Structure Section :

1. Untuk ITP, dibandingkan Tes-tes prediksi TOEFL lainnya, ada beberapa soal yang kalimatnya sangat panjang, sehingga menuntut konsentrasi/waktu berpikir lebih lama untuk memahami pola dari kalimat panjang itu. Kalau susah, SKIP SAJA DULU ! *Sebagai contoh, di tes ELPT, structure saya dapat poin 67 (perfect score), tapi di ITP, poin saya turun jadi 60 saja, haha . .

2. Soal yang berjenis melengkapi kalimat/kata yang hilang hanya berjumlah 15 nomor. No. 16-40 bertipe correction (cari kata yang salah) semua.

3. Kembali kerjakan soal-soal yang sudah kalian skip sebelumnya.

Reading Section :

1. Usahakan arsiran Listening dan Structure Section sudah penuh semua (Ingat, reading butuh waktu yang sangat banyak).

2. Langsung kerjakan soal, jangan baca passage nya dulu, karena akan sangat membuang waktu.

3. Dari berbagai tipe soal, kerjakan dulu tipe-tipe yang mudah : reference (it refers to . .), synonym, atau defined statement. Kalau saya pribadi, urutan ketika mengerjakan/memilih soal sih demikian :
  • References/synonyms
  • Defined statements (Biasanya yang kalimatnya panjang, detail dan berupa deskripsi sesuatu, itu dipastikan jawabannya).
  • Why the writer mentioned “……” in paragraph X or sentence X.
  • What is NOT stated in . . .
  • Main idea (kita baru bisa jawab yang ini setelah otomatis paham seluruh bacaan). Jadi untuk soal pertama dari tiap passage (main idea), skip saja dulu J
4. Ketika sedang mengerjakan soal-soal yang masih dalam 1 passage, TANDAI DULU ! Rapikan arsiran setelah semua soal dalam passage itu terjawab atau sebelum pindah ke passage berikutnya.

5. Pastikan kita bisa mengisi penuh 4 passage pertama, karena sepertinya (saya tidak ingat betul), passage 5 jumlah soalnya lebih sedikit.

6. Khusus passage 5 !!! Lupakan metode menanda-nandai jawaban seperti yang kalian lakukan sebelumnya. Karena passage 5 ini sudah last minutes. BEGITU YAKIN LANGSUNG ARSIR PENUH, karena kita akan didiskualifikasi/dianggap curang kalau masih menyentuh LJK kita ketika sudah diminta STOP.

7. Terus kerjakan sampai penuh. Tidak ada penalty untuk jawaban yang salah, manfaatkan kesempatan ini J


>>>>>>>>>>>GOOD LUCK YA TEMAN-TEMAN, SELAMAT MENCOBA<<<<<<<<<<

27 comments:

  1. Makasih Ilmunya.....
    semoga saya bisa mendapatkan score diatas 550. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin . . Selamat berjuang yaa !!! :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. thanks ya untuk infonya

    ReplyDelete
  3. boleh juga nih, semoga metodeny cocok dengan saya, thx

    ReplyDelete
  4. Wow, keren. Thx infonya. Good Luck buat abroad plan-nya ya. ;)

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak
    tipsnya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Baru baca ini setelah beres tesnya, tadi reading ga keburu di passage keempat dan kelima gara2 terlalu fokus di passage ketiga. Waktunya ternyata se-terbatas itu ya. Nasib #curhat. Intinya perhitungan waktu itu penting! Good luck buat yang baru mau mulai tesnya!

    ReplyDelete
  7. Thank you.. wish me luck seem like you :)

    ReplyDelete
  8. walah lumayan bagus itu...sya mau tembus 450 aja gampang2 susah. Btw...thanks sarannya.

    ReplyDelete
  9. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BANK

    ReplyDelete
  10. Thanks ilmunya semoga lebih bermanfaat bagi temen2, semangat sukses toefl itp mau tembus 530

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. thanks brother... very useful and helpful...

    ReplyDelete
  13. siip.. skema nya sesuai ide gw jg banget tuh.. hee....:-)

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namabahin, gan. kalo gw selain reading, writting dg iseng2 buat karangan pendek, mentranslate (sperti cerita pendek atau materi pendek) ato buat komen kdalam bahsa inggris tuh.. baik tuk improve bahasa inggris begitu jg tuk mulai ngomong bhasa inggris! hopefully, it's helpful n'useful.. Thnks(Y)

      Delete
  15. makasih ya sarannya.gue udh coba2 yg post test gitu.dpt 523 sih, msih blm happy nih soalnya blm smpe nimbus 550.salut deh gue sama lu bro. doain ya besok gue ujian hahhahaa

    ReplyDelete
  16. Thank you informasinya min, semoga pada bisa lulus Toefl. Amin!!

    ReplyDelete
  17. Terima kasih mas Aditya. Mas memang top bngt. Saya juga ingin berprestasi, dpt beasiswa seperti mas. Btw, saya siswa kelas 10, dan juga ingin kuliah Biomedical Engineering. Doakan saya ya, itu impian saya. Semoga sukses studinya mas

    ReplyDelete
  18. Terima kasih kak, semoga bermanfaat buat pembaca lain juga.

    ReplyDelete